Wednesday, May 14, 2008

Eksodus Liverpool

Setelah mengakhiri musim dengan mengecewakan, hanya menduduki peringkat empat di liga lokal serta terhenti di babak semifinal pada kompetisi Eropa, Liverpool harus berbenah!

Beberapa nama diajukan untuk masuk maupun keluar skuad . Dari tubuh Liverpool sendiri ada beberapa nama yang diisukan akan segera hengkang dari Anfield. Beberapa nama tersebut adalah :

Peter Crouch, punggawa Timnas Inggris ini seakan tidak mau hanya duduk di bangku cadangan menunggu kesempatan bermain karena Rafa lebih memilih duet Dirk Kuyt dan Fernando Torres. Si Jangkung pun kalang kabut merasa karirnya terancam, apalagi sebagai pemain tim nasional dia harus mempunyai kesempatan bermain yang lebih. Jalan terbaik adalah mencari klub baru yang bisa memberikan kesempatan bermain penuh bagi striker yang mempunyai keunggulan di bola-bola atas ini. Dengan skill dan kemampuan yang dimilikinya saya yakin Crouch tidak akan kesulitan mendapatkan klub baru.

Harry Kewell, masa kerja lima tahun bagi Kewell sepertinya harus berakhir, sayap kidal ini telah memberikan peran yang tidak sedikit bagi Liverpool, namun faktor usia sekali lagi harus membuatnya tersingkir dari starting line up racikan Rafa. Tentu masih banyak klub yang bisa memberikan tempat inti bagi pemain sekaliber Kewell, maka keputusan terbaik adalah hengkang dari Anfield. Di skuad Liverpool sendiri sudah bercokol Benayoun maupun Babel yang bisa dimainkan di posisi sayap kiri. Apalagi kini Rafa juga mengincar Florent Malouda dan Gareth Barry yang sangat familiar dengan posisi tersebut.

Sami Hyypia, meski sudah kawakan sebagai bek tengah ternyata musim ini Rafa masih sering mempercayakan posisi inti kepadanya. Tapi sepertinya tidak untuk musim mendatang, seiring semaikin membaiknya kondisi Daniel Agger dan semakin matangnya permainan Martin Skrtel praktis posisi Hyypia di skuad Liverpool nyaris tidak dibutuhkan lagi. Sudah saatnya bagi tenaga-tenaga muda macam Agger dan Skrtel untuk mendapatkan posisi utama mendampingi Carragher.

John Arne Riise, meski masih relatif muda dan mempunyai kemampuan yang mumpuni tapi sepertinya kehadiran Gareth Barry (semoga jadi kenyataan) akan menggesernya ke bangku cadangan. Satu kekurangan Riise adalah kurang disiplin ketika bermain, sehingga beberapa kali membuat kesalahan-keslahan yang tidak perlu yang sangat merugikan tim. Tentu saja publik Anfield tidak akan melupakan gol-gol spektakuler yang pernah dilesakkan pemain Norwegia ini.

Andriy Voronin, torehan 6 gol di semua ajang bagi Liverpool ternyata tidak cukup membuat Liverpudlian berniat mempertahankan pemain bernomor punggung 10 ini. Dengan kemungkinan kehadiran satu striker di kubu Liverpool maka posisi Voronin di ujung tanduk. Apalagi menilik kegemaran Rafael Benitez dengan memainkan pola satu striker maka praktis kesempatan bermain bagi Voronin semakin langka.

Dari sekian nama yang diisukan akan hengkang dari Anfield nama Xabi Alonso adalah yang paling disayangkan. Kontribusinya bagi lini tengah Liverpool dirasa masih sangat diperlukan. mungkin pertimbangan Ben Rafa adalah untuk mengoptimalkan Javier Mascherano sekaligus memberikan kesempatan yang lebih bagi Lucas Leiva.

Semua keputusan ada di tangan Rafael Benitez yang lebih tahu keperluan tim, semoga semuanya beujung bagus bagi Liverpool demi meraih mimpi panjang akan gelar domestik.

You'll never walk alone.

No comments: